APASIH DEEPAVALI??

HARI DEEPAWALI??



Kok asing ya nama hari itu?
ayo kita bahas bersama, apasih Deepawali itu?


oke, pertama-tama. Hari Deepawali itu adalah hari raya untuk merayakan kemenangan dharma melawan adharma.
"ehh, bukannya itu hari raya galungan??"

jadi gini guys, galungan dan deepawali memanglah sama-sama perayaan kemenangan dharma melawan adharma. Tetapi, saat hari raya galungan, kita merayakan kemenangan dewa Indra atas Raja Mayadenawa. Sedangkan saat hari raya deepawali, kita merayakan kemenangan Rama melewan Rahwana serta keberhasilan Rama merebut kembali dewi Sinta.

Deepawali dalam pemaknaannya berarti “Festival Cahaya”. Festival ini melambangkan kemenangan baik atas buruk, dan lampu dinyalakan sebagai tanda perayaan serta harapan umat manusia. Perayaan ini terfokus pada lampu dan cahaya. Perayaan Deepawali ini, biasanya terjadi bulan Oktober atau November dan perayaan ini paling ditunggu-tunggu sama umat Hindu di India.
Oh, pantesan umat Hindu di Bali ga ngeh sama perayaan Hari Deepawali ini. Nah, kabarnya sekarang umat Hindu di Indonesia mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar Hari Deepawali diakui sebagai hari raya yang resmi dan masuk ke dalam kalender libur nasional Indonesia. Biar sama-sama adil antar umat beragama di Indonesia dalam konteks perayaan hari besar.
Nah yang menjadi pertanyaan umat Hindu di Bali ngapain men pas Hari Deepawali? rage juga kurang mengerti, tetapi kalau di India perayaan Deepawali ini udah pasti bikin semacam festival cahaya dengan menggunakan lilin hingga kembang api sebagai wujud rasa bahagia atas kemenangan Dharma melawan Adharma.


Kalo di India, biasanya umat Hindu berkumpul dan makan manisan bersama.nah, kalo di Bali pasti pada pahamlah. hehehe, itu tuh, gambar yang diatas.
yups.... ngelawar bersama :D :D
Asal kalian tau, Parisadha Hindu Dharma Indonesia udah mengajukan Hari Deepawali sebagai hari raya resmi kepada Bapak Jokowi.
Jadi marilah kita banyak berdoa biar rencana dari PHDI dapat terwujud.
svaha
happy DEEPAWALI
Om Bhur Bvah Swah
सत्यं एव जायते 

Comments